STIE BPKP TERAKREDITASI

Alamat : Jl. Peta Selatan Komplek Duta Indah Alfa 2 Blok D No. 7-10 Kalideres, Jakarta Barat. Telp ; (021)29519380- (021)29519381, Whatsapp ; 082111156054

Minggu, 24 Desember 2017

Pelatihan Pasar Modal di STIE BPKP Angkatan II

beasiswa, kelas karyawan, kuliah murah, cari kerja, lowongan kerja

Apa itu pasar modal

Menurut Tjiptono Darmadji dan Hendy M. Fakhruddin (2006:1) Pengertian Pasar modal (capital market) adalah pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik dalam bentuk utang, ekuitas (saham), instrumen derivatif, maupun instrumen lainnya. Pasar modal merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain (misalnya pemerintah) dan sarana bagi kegiatan berinvestasi. Atau  Pasar modal bisa diartikan sebuah lembaga profesi yang berhubungan dengan transaksi jual beli efek dan perusahan publik yang berkaitan dengan efek.

Apa saja manfaat pasar modal

1)    Memberikan wahana investasi bagi investor sekaligus memungkinkan upaya diversifikasi. 
2)    Menyediakan indikator utama bagi tren ekonomi negara. 
3)    Sebagai alokasi sumber dana secara optimal.
4)    Alternatif investasi yang memberikan potensi keuntungan dengan resiko yang bisa diperhitungkan melalui keterbukaan, likuiditas, dan diversifikasi investasi.

Jenis-jenis pasar modal

·         Pasar Perdana (primary market)
Penawaran saham oleh emiten dilakukan sebelum diperdagangkan di pasar sekunder
·         Pasar Sekunder (secondary market)
Merupakan perdagangan saham yang telah melewati masa penawaran pada pasar perdana. Saham pada pasar ini telah dijual luas setelah melalui masa penjualan di pasar perdana.
·         Pasar Ketiga (third market)
Merupakan tempat perdagangan saham di luar bursa. Biasanya dikoordinir oleh Perserikatan Perdagangan Uang dan Efek serta diawasi dan dibina oleh lembaga keuangan.
·         Pasar Keempat (fourth market)
Merupakan bentuk perdagangan efek antar pemegang saham, atau proses pemindahan saham antar pemegang saham yang biasanya dalam nominal besar.

kelas karyawan, kuliah murah, stie bpkp, kuliah akuntansi, beasiswa, cari kerja

Berapa besar partisipasi masyarakat pada pasar modal Indonesia

Global Wealth 2017 Report yang dikeluarkan Boston Consulting Group, terkuak bahwa masyarakat Indonesia yang memiliki aset kurang dari 1 juta dollar AS rata-rata memegang lebih dari 75 persen asetnya dalam bentuk uang dan tabungan.
Padahal bunga tabungan dan deposito di Indonesia hanya memberikan imbal hasil sampai sekitar 6 persen per tahun, jauh dari imbal hasil saham, reksa dana, obligasi dan pinjaman. Lebih lanjut, laporan tersebut menyatakan bahwa 0,1 persen orang Indonesia menguasai 51,8 persen aset finansial.

Manfaat apa yang diberikan dalam pelatihan pasar modal di STIE BPKP bagi masyarakat

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat sehingga peran serta masyarakat bisa lebih maksimal didalam pasar modal. Semakin tinggi tingkat pemahaman masyarakat terhadap pasar modal, maka akan semakin cerdas dan andal dalam berinvestasi di pasar modal Indonesia. 


Share:

Lensa STIE BPKP

CARI DI STIE BPKP