STIE BPKP TERAKREDITASI

Alamat : Jl. Peta Selatan Komplek Duta Indah Alfa 2 Blok D No. 7-10 Kalideres, Jakarta Barat. Telp ; (021)29519380- (021)29519381, Whatsapp ; 082111156054

Rabu, 14 Februari 2018

Pelatihan Pasar Modal Angkatan III di STIE BPKP

pelatihan pasar modal stie bpkp
STIE BPKP

Ada beberapa peran pasar modal dalam perekonomian diantaranya adalah ;
  1. Sebagai lembaga perantara  keuangan selain bank.
  2. Memungkinkan para pemodal berpartisipasi di kegiatan bisnis yang menguntungkan (investasi).
  3. Mempemudah kegiatan bisnis mendapat dana dari pihak luar dalam pengembangannya. 
  4. Memungkinkan kegiatan bisnis untuk memisahkan operasi bisnis ekonomi dari kegiatan keuangan.
  5. Memungkinkan para pemegang surat berharga memperoleh likuiditas dengan menjual surat berharga yang dimiliki pihak lain
Selain itu juga terdapat beberapa manfaat pasar modal bagi pemerintah yakni :
  1. Mendorong jalur pembangunan
  2. Mendorong investasi
  3. Penciptaan lapangan kerja
  4. Memperkecil Debt Service Ratio (DRS)
  5. Mengurangi biaya anggaran dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pasar modal menjadi sektor jasa keuangan yang pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan perbankan dan lainnya. Pasar modal pertumbuhan mencapai 10,7% (year to date).
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, target penyerapan atau koleksi dana dari masyarakat melalui pasar modal sudah meningkat cukup besar sekira Rp190 triliun. Jumlah tersebut sudah melampaui target.


Dari analisis OJK, lanjut Wimboh, sektor jasa keuangan yang pertumbuhannya turun justru terjadi pada perbankan. Bila dilihat besaran aset perbankan saat ini memang tidak sebagaiamana diharapkan. Aset tumbuh 4,34% (yod) dan 10,2% (yoy) atau menjadi Rp7.000 triliun.
"Kredit tumbuh sangat rendah (yod) 2,5%, (yoy) 8,26%, dengan NPL yang relatif tidak ada perubahan sekitar 3,05% gross atau 1,96% net ini sudah mempertimbangkan adanya pencabutan relaksasi penghitungan NPL dengan satu pilar sehingga tidak berdampak pada kenaikan NPL," tukasnya. (okezone 27 September 2017)
BEI juga mencatat, secara presentase, transaksi saham di BEI didominasi oleh saham berbasis syariah. Sebanyak 62 persen jumlah saham yang ditransaksikan di BEI merupakan saham berbasis syariah, kemudian 55 persen kapitalisasi pasar di BEI merupakan saham syariah, bahkan 56 persen nilai transaksi saham di BEI dilakukan di saham berbasis syariah.

Atas dasar banyaknya manfaat dari Pasar Modal bagi perekonomian dan pentingnya peran masyarakat dalam membangun ekonomi bangsa, Mahasiswa-Mahasiswi STIE BPKP yang bergabung didalam Koperasi Bina Perdana Karya Perkasa STIE BPKP melalui lembaga pengembangan SDM (Entrepreneur Class) kembali menggelar Pelatihan Pasar Modal Angkatan III yang diselenggarakan pada 06 Januari 2016.






Share:

Lensa STIE BPKP

CARI DI STIE BPKP