STIE BPKP TERAKREDITASI

Alamat : Jl. Peta Selatan Komplek Duta Indah Alfa 2 Blok D No. 7-10 Kalideres, Jakarta Barat. Telp ; (021)29519380- (021)29519381, Whatsapp ; 082111156054

Senin, 04 Maret 2019

Seminar On Vacation STIE BPKP "Sistem Resi Gudang dan Implementasi IT dalam pengembangan produk pertanian"


STIE BPKP SEMINAR ON VACATION

Apa itu Seminar On Vacation? SOV adalah kegiatan pembelajaran yang dikemas dalam bentuk liburan , pembelajaran sambil menikmati keindahan alam dan kondisi sosial ekonomi dalam satu daerah. STIE BPKP melaksanakan kegiatan ini di bulan Februari 2019 dengan tema " Creating Opportunities Economy Development in Rural Area" diawali dengan seminar pengembangan usaha kuliner di Restoran Sunda Jaya Kabupaten Cianjur, mengunungi pendopo Bupati dan Alun-alun kota Cianjur.




SISTEM RESI GUDANG UNTUK MENGHINDARI KERUGIAN PADA PETANI

Sesuai dengan UU Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2006, Sistem Resi Gudang adalah  kegiatan yang berkaitan dengan penerbitan, pengalihan, penjaminan, dan penyelesaian transaksi Resi Gudang. Resi Gudang adalah dokumen bukti kepemilikan atas barang yang disimpan di Gudang yang diterbitkan oleh Pengelola Gudang.
Seperti kita ketahui Para petani yang menjual hasil panen'nya disaat panen raya tiba seringkali mengalami kerugian akibat anjloknya nilai jual hasil tani mereka. Sehingga untuk menanam kembali para petani sering tidak mempunyai cukup dana sebagai modalnya.
Dengan adanya sistem resi gudang para petani dapat menitipkan hasil taninya ke Gudang yang dikelola oleh koperasi yang langsung diawasi oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM di Kabupaten Cianjur. Hasil tani ini nantinya akan dinilai dengan harga yang wajar dan petani mendapatkan resi gudang yang dapat diuangkan jika petani membutuhkan modal kembali. Hasil tani yang dititipkan tadi dapat dijual oleh petani jika harga jual sudah dianggap normal dan memberikan keuntungan yang memadai.
Seminar tentang sistem Resi Gudang dibawakan langsung oleh pelaku sebagai pimpinan yang menangani Sistem Resi gudang langsung di Kabupaten Cianjur yaitu Bapak Adi Nugroho S.E , yang juga sebagai kepala seksi di Dinas Perindustrian, Perdagangan , Koperasi dan UMKM Kabupaten Cianjur.



IT DAN PERTANIAN

Sektor pertanian telah dan terus dituntut berperan dalam perekonomian nasional melalui pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB), perolehan devisa, penyediaan pangan dan bahan baku industri,  pengentasan kemiskinan, penyedia lapangan kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat. Selain kontribusi langsung, sektor pertanian juga memiliki kontribusi yang tidak langsung berupa efek pengganda (multiplier effect), yaitu keterkaitan input-output antar industri, konsumsi dan investasi. Dampak pengganda tersebut relatif besar sehingga sektor pertanian layak dijadikan sebagai sektor andalan dalam pembangunan ekonomi nasional.
Dalam rangka peningkatan hasil pertanian teknologi sangat dibutuhkan untuk mempermudah pengembangan, proses dan penjualan hasil pertanian.
Bagaimana implementasi teknologi IT dalam perkembangan sektor pertanian disampaikan langsung oleh Bapak Aditya Ibadah S.Kom., Mi.S dalam Seminar On vacation STIE BPKP.






Share:

Lensa STIE BPKP

CARI DI STIE BPKP