STIE BPKP TERAKREDITASI

Alamat : Jl. Peta Selatan Komplek Duta Indah Alfa 2 Blok D No. 7-10 Kalideres, Jakarta Barat. Telp ; (021)29519380- (021)29519381, Whatsapp ; 082111156054

Sabtu, 26 Agustus 2017

Akuntansi sebagai komoditas


Akankah Akuntansi menjadi usang..??


Komoditas adalah barang yang dapat dijual kepada konsumen karena daya gunanya. Output Akuntansi dalam bentuk informasi adalah merupakan produk dari suatu “Pabrik” yang dapat kita sebut pabriknya sebagai “Sistem Akuntansi”. Output ini dibutuhkan masyarakat karena memberikan manfaat besar terutama bagi penggunanya.
Komoditas akan tetap memiliki nilai jual jika masih dibutuhkan jika tidak lagi dibutuhkan maka nilai harga komoditas akan turun atau bahkan mungkin tidak laku lagi. Lantas apakah akuntansi bisa menjadi tidak laku lagi kelak?? Jika itu yang kita pikirkan sama saja kita berpikir tentang kapal uap yang ditemukan Jhon Fitch  di tahun 1787 lampau. Jika saja kita hidup disaat itu dan berpikir akankah kapal uap tidak laku lagi di masa yang akan datang?? Iya tentu saja tidak, moda transportasi kapal akan tetap dibutuhkan selama masih ada laut dan sungai hanya saja tenaga yang dibutuhkan sudah berganti menjadi diesel atau mungkin saja nuklir.


Tantangan akuntansi

Dalam era yang serba cepat dan global ini akuntansi keuanganmendapat tantangan yang berat. Berbagai alternatif yang leih canggih saat ini menjadi informasi alternatif di luar akuntansi keuangan sehingga mau tidak mau akuntansi keuangan harus mampu merespons kebutuhan para pemakai agar ia tetap menjadi komoditas yang dibutuhkan di pasaran.

Kritik terhadap akuntansi konvensional sering kita dengar misalnya Baruch Lev mengatakan bahwa akuntansi ini adalah bagian dari akuntansi model lama bahkan bagian dari Luca Pacioli era 1400-an. Menurutnya akuntan bukan “a good eye sight” lensa lama tidak dapat dipakai untuk melihat situasi ekonomi baru. Apalagi jika ingin melaporkan hal-hal yang berkaitan dengan aktiva tidak berwujud yang marak saat ini seperti kekayaan berupa ide, merek, cara kerja, goodwill, franchises atau perusahaan knowledge based lainnya. Belkaoui  1989 dalam bukunya “The Coming Crisis in Accounting” membahas banyak kritik tetang akuntansi salah satunya penyajian laporan keuangan yang banyak menggunakan mesin hitung komputer atau bahkan kecurangan.


Apapun itu, akuntansi, mekanikal, seni semuanya merupakan komoditas dan akan selalu berkembang, berubah menyesuaikan kebutuhan manusia saat itu. Adaptif terhadap lingkungan... hanya itu yang perlu kita lakukan untuk menghadapi perubahan. Salah satu kelebihan mereka yang memiliki ilmu adalah tidak pernah merasa takut atas perubahan tempat, waktu atau kondisi karena mereka selalu siap menghadapi semuanya dengan ilmu yang dia miliki.

Gunung tidak akan sanggup menghadang kita tapi terkadang justru batu kerikil kecil lah yang membuat kita terjatuh, tetap kreatif... salam asyik dari STIE BPKP



Share:

Lensa STIE BPKP

CARI DI STIE BPKP